Tutorial Memasang Script Anti Copy Paste di Blogger

Tutorial Memasang Script Anti Copy Paste di Blogger

Copyright Gratis, Kreatif, Milik Bersama, Publik

Menulis menjadi salah satu kegiatan yg lumayan membahagiakan bagi sebagian orang-orang khususnya dikalangan Blogger.

Menulis menurut saya langsung merupakan sebuah bentuk penuangan wangsit yg ada atau terlintas dalam pikiran kita ketika itu juga.

Terkadang ide-ide yg tidak pernah diutarakan dalam bentuk ucapan atau tutur kata justru melewati goresan pena ide-ide tersebut mampu tertuang dengan sangat baik serta terstruktur.

Menulis berarti sama halnya dengan berkarya yaitu ketika menulis kalian menghasilkan sebuah karya versi diri kalian sendiri.

Tetapi apabila goresan pena kalian ingin diakui sebagai sebuah karya oleh orang-orang lain jadi kalian wajib membikin goresan pena itu tidak sama dari goresan pena orang-orang lain kebanyakan, ini merupakan prinsipnya.

Keaslian atau originalitas dari sebuah goresan pena itu wajib diutamakan sekalipun goresan pena dari kalian tidak memenuhi kaidah-kaidah menulis yg baik. Hal ini berlaku khususnya apabila kalian berprofesi sebagai seorang content writer (penulis) serta Blogger.

Namun kendati demikian, di dunia Blogger telah lumrah atau wajar apabila kalian menemukan berbagai website yg gemar atau kerap melakukan plagiasi atau menjiplak konten dari orang-orang lain untuk diklaim dengan cara sepihak oleh sang plagiat tanpa menyertakan sumber penulis asli.

Kegiatan copy serta paste bukanlah menjadi sebuah faktor yg baru dikalangan Blogger. Menurut saya pelaku copy paste ini menulis bukan untuk berkarya tapi menulis untuk menjiplak karya orang-orang lain.

Sebenarnya mengcopy goresan pena orang-orang lain itu sah-sah saja tetapi ada kaidah-kaidah atau kode etik yg masih berlaku. Tetapi meskipun begitu, sebaik-baiknya kalian melakukan copy paste masih saja menulis sendiri itu lebih keren.

Kode etik paling sederhana serta mudah dilakukan oleh semua Blogger ketika ingin melakukan (copas) merupakan mencantumkan link atau sumber dari penulis orisinil konten yg hendak dicopas.

Meskipun terkesan sederhana tetapi nyatanya ada tidak sedikit juga Blogger yg tidak mengindahkan kode etik ini. Mungkin yg ada dibenak mereka, apabila mencantumkan link sumber orisinil mampu menjadikan goresan pena mereka tidak bagus dimata pembacanya.

Inilah salah satu segi kurang baik yg wajib kalian ketahui dari dunia Blogging. Mereka tidak lebih menghargai karya-karya goresan pena orisinil dari orang-orang lain.

 Jika diibaratkan dalam dunia fauna mempunyai prinsip memakan atau dimakan begitu juga dengan dunia Blogging yg berprinsip mengcopas atau dicopas. Bukankah hampir sama kedua analogi tersebut.


Apa Script Anti Copas (Do Not Copy)

Script Anti Copas merupakan salah satu kode script yg diciptakan untuk menekan perbuatan kejahatan atau kriminil dalam dunia digital.

Tindakan kriminil yg dimaksud merupakan oknum Blogger yg suka melakukan copy paste konten orang-orang lain tetapi tanpa menyertakan link sumber orisinil dari penulisnya.

Tindakan copy paste liar terbukti lumayan meresahkan bagi sebagian Blogger, pasalnya menurut kesaksian para korban ini apabila rangking artikel mengalami penurunan SERP yg diakibatkan oleh praktek copy paste ini.


Google akan mendeteksi duplikat konten pada dua website yg mempunyai konten yg sama persis.

Kabar baiknya, platform Blogger sendiri telah mendukung pemasangan kode script penangkal copy paste jadi kesempatan copy paste konteb atau artikel mampu diminimalkan.

Skema tutorial kerja script anti copas yaitu ketika script ini telah terpasang pada website jadi yg terjadi merupakan setiap goresan pena atau konten pada website kalian akan terlindungi dari kejahatan copy paste.

Terutama script anti copas ini akan melindungi dari teknik copas yg tidak jarang dilakukan tidak sedikit orang-orang semacam klik kanan > copy > paste.

Tapi satu faktor yg wajib kalian tahu merupakan bahwa script ini tidak mampu melindungi konten dari perbuatan plagiasi dengan cara penuh.

Mengapa saya tidak mampu memastikan bahwa konten kalian akan aman serta terlindungi dengan cara keseluruhan oleh script anti copas tersebut.

Hal ini dikarenakan sebab ada lubang lain yg sebetulnya masih mampu diterobos oleh mereka para pelaku kriminil sekalipun konten kalian telah terpasang script ini.

Tapi tips tersebut hanya diketahui oleh segelintir Blogger saja jadi pada intinya memasang script copy paste pada website masih berguna sebagai perjuangan melindungi konten dari tangan-tangan jahil para Blogger yg tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, melewati artikel ini saya ingin membagikan script anti copy paste supaya konten website kalian  lumayan terlindungi atau terhindar dari pencurian konten oleh oknum-oknum Blogger yg tidak bertanggung jawab. Berikut tutorialnya.


Tutorial Memasang Script Anti Copy Paste di Blogger

Nantinya tersedia 2 tutorial yg akan saya berikan yaitu terdiri dari script anti copy paste dibagian tertentu serta anti copy paste pada seluruh tahap konten.


[Script Anti Copy Paste Pada Bagian Tertentu]


1. Masuk pada akun Blogger kalian masing-masing.

2. Pergi ke tahap menu Tema > Edit HTML.

3. Berikutnya masukan kode dibawah ini sempurna diatas kode ]]></b:skin> atau </styles> (tekan Ctrl + F untuk mempermudah pencarian).


.do-not-copy {

  -webkit-user-select:none;

  -khtml-user-select:none;

  -moz-user-select:none;

  -ms-user-select:none;

  user-select:none;

}


4. Terakhir Simpan tema anda.

Cara penggunaan: Buat  artikel baru > mode HTML lalu tambahkan tag <div class="do-not-copy">Isi Artikel Kalian Yang Tidak Ingin Dicopas</div>


[Script Anti Copy Paste Pada Seluruh Bagian]


1. Masuk pada akun Blogger kalian masing-masing.

2. Pergi ke tahap menu Tema > Edit HTML.

3. Berikutnya masukan kode di bawah ini sempurna di atas kode </head> (tekan Ctrl + F untuk mempermudah pencarian).


<script type="text/javascript">

if (typeof document.onselectstart!="undefined") {

document.onselectstart=new Function ("return false");

}

else{

document.onmousedown=new Function ("return false");

document.onmouseup=new Function ("return true");

}

</script >


4. Terakhir Simpan tema anda.

Perbedaan antara kedua script di atas sebetulnya hanya terletak pada segi penggunaan saja.

Dimana script pertama penggunaannya mampu diadaptasi dengan kebutuhan kalian misalkan kalian mengharapkan berbagai konten saja yg dilindungi sedangkan untuk  konten lainnya kalian tidak mempermasalahkannya apabila dicopy orang-orang lain.

Script jenis ini sempurna untuk website dengan niche tutorial yg berafiliasi dengan coding atau pemrograman.

Sebaliknya script yg kedua mempunyai sifat yg utama artinya semua konten telah dikunci dengan cara keseluruhan tidak ada bagian-bagian konten yg terlewatkan. Semua opsi ada ditangan anda!


Penutup

Pemasangan script anti copas pada sebuah website patut dipertimbangkan sebab faktor ini setidaknya akan melindungi konten original website kita supaya tidak mudah dicopy serta paste.  itu akan mempersempit ruang gerak para pelaku copy paste ini.

Demikian info mengenai "Cara Memasang Script Anti Copy Paste di Blogger". Semoga mampu bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Tutorial Memasang Script Anti Copy Paste di Blogger"