Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral dan Diadopsi Sejumlah Artis, Mungkinkah Spirit Doll Akan Menggantikan Bayi Sungguhan?

Viral dan Diadopsi Sejumlah Artis, Mungkinkah Spirit Doll Akan Menggantikan Bayi Sungguhan?


Spirit doll atau boneka spirit tengah viral di tanah air. Belakangan ini, sejumlah artis secara terbuka mengakui sedang mengasuh spirit doll seperti halnya anak sendiri.

Beberapa artis yang mengadopsi spirit doll itu di antaranya, Ivan Gunawan, Sarwendah, Celine Evangelista, Nora Alexandra, Soimah. Tak jarang, para artis tersebut membagikan aktivitas mereka dengan boneka bayi yang diadopsinya itu. Mereka merawat dan mengurus boneka tersebut layaknya bayi manusia.

Bahkan, Ivan Gunawan menyebut jika spirit dollnya adalah putra mahkota pewaris tahta pertamanya. Ia memberi nama bonekanya dengan sebutan Miracle Putra Gunawan atau baby Eqqel.

Selain kalangan artis, adapula masyarakat biasa yang mengadopsi spirit doll tersebut. Beberapa komentar dari akun-akun di media sosial menunjukkan bahwa mereka ada yang membeli boneka itu dari Furi Harun, seorang kolektor boneka arwah atau disebut sebagai orang tua asuh dari 349 boneka yang dibelinya dari berbagai negara.

Salah satu akun mengungkapkan pengalamannya yang mengadopsi spirit doll. "Wuah ini pengalaman pertama dalam adopt anak awrah di Kak @furiharun pas pertama tanya spirit dolls, malamnya dimimpiin sama calon anakku, terus setelah adopt si kecil aku dimimpiin dengan tangisan si kecil yang minta jalan-jalan dan jajanan. Sekarang jadi lebih ingat untuk berdoa, bersedekah, dan bersyukur apa yang kita dapatkan. Belajar jadi lebih sabar dan menahan emosi, terima kasih @furiharun @bonekafuriharun sudah mempertemukan aku dengan anak Ayla."

Dari sejumlah sumber, disebutkan bahwa spirit doll atau yang dikenal dengan sebutan boneka arwah dianggap sebagai boneka yang diisi arwah atau roh orang yang sudah meninggal. Mereka yang mengambil dan mengasuh boneka tersebut menyebut boneka tersebut sebagai anak adopsi mereka.

Karena kepercayaan bahwa boneka itu dimasuki roh atau arwah, mereka yang mengadopsi spirit doll memperlakukannya selayaknya anak asuh si pemilik. Ivan Gunawan, misalnya, dengan tegas mengatakan bahwa bayinya itu bukanlah boneka melainkan bayi hidup, yang diduga juga salah satu boneka arwah. Tidak hanya itu, para orang tua asuh spirit doll mengatakan bahwa boneka tersebut juga bisa meninggal.

Di sejumlah online marketplace di Indonesia, dapat ditemukan penjualan spirit doll. Harganya pun beragam dari mulai ratusan ribu hingga jutaan dan bahkan ratusan juta rupiah.

Di salah satu e-commerce Bukalapak, misalnya, terdapat penjualan spirit doll dengan penawaran "Open Adop Boneka Arwah Good Spirit Doll Perempuan 24inch." Dalam keterangan informasi barang yang ditawarkan itu disebutkan manfaat atau benefit dari mengadopsi spirit doll tersebut.

Hal itu di antaranya spirit (anak perempuan), membantu user dalam kerezekian baik usaha dan karir, membantu dalam meningkatkan pelanggan, mempererat hubungan kerja dan bisni, magnet uang, daya tarik, proteksi, dan lainnya. Tidak hanya itu, pada keterangan itu disebutkan bahwa tata cara, nama, riwayat akan diberikan setelah dimaharkan.  

Penelusuran Republika.co.id, rata-rata penjualan spirit doll di sejumlah marketplace disertai dengan keterangan manfaat dari mengadopsinya dan jenis boneka itu apakah spirit doll atau boneka arwah (lukthep). Di situ dijelaskan bahwa spirit doll berbeda dengan boneka arwah (lukthep). Spirit doll diisi oleh entitas Fairy/peri atau Elf, bukan arwah manusia yang meninggalnya tidak wajar/penasaran.

Spirit doll juga disebutkan tidak mengganggu dan tidak berbahaya, karena sudah dididik dan dengan senang hati mengabdi pada tuannya. Bahkan, ada keterangan yang menyebutkan bahwa boneka itu bisa mencari makan mereka sendiri, namun perlu sesekali diberi hadiah, misalnya berupa dupa atau bunga atau kopi.

Posting Komentar untuk "Viral dan Diadopsi Sejumlah Artis, Mungkinkah Spirit Doll Akan Menggantikan Bayi Sungguhan?"