Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Sistem Komputer Yang Dapat Bertahan

Apa Itu Sistem Komputer Yang Dapat Bertahan


Menentukan Sistem Komputer Yang Layak

Sistem komputer, yang dapat terdiri dari banyak sistem dan komponen terpisah yang dirancang untuk menyediakan layanan penting, harus dapat beroperasi secara konsisten dan tepat waktu dalam berbagai kondisi operasi. Dia harus dapat mencapai tujuan dan sasarannya, terlepas dari apakah dia dalam keadaan kerja normal, di bawah tekanan apa pun atau di lingkungan yang tidak bersahabat. Diskusi tentang kelangsungan hidup sistem komputer bisa sangat kompleks dan jauh jangkauannya. Namun, dalam artikel ini kita hanya akan menyentuh beberapa dasar.


Keamanan Komputer Dan Sistem Komputer Berkelanjutan

Sistem komputer yang berkelanjutan dan keamanan komputer terkait dalam banyak hal, tetapi pada tingkat rendah mereka sangat berbeda. Misalnya, memperkuat perlindungan sistem tertentu dari serangan cerdas mungkin merupakan komponen dari sistem komputer yang layak. Ini tidak mempertimbangkan kemampuan sistem komputer untuk menjalankan fungsinya ketika dipengaruhi oleh suatu peristiwa seperti serangan yang disengaja, bencana alam atau kecelakaan, atau kegagalan umum. Sistem komputer yang layak harus mampu beradaptasi, melakukan fungsi kritis dasarnya, bahkan jika berada di lingkungan yang tidak bersahabat, bahkan jika berbagai komponen sistem komputer dinonaktifkan.  Dalam beberapa kasus, bahkan jika seluruh sistem "primer" telah dihancurkan. 

Sebagai contoh: sistem yang dirancang untuk memberikan informasi penting real-time terkait dengan analisis obat khusus berhenti berfungsi selama beberapa jam karena hilangnya komunikasi yang meluas. Namun, ia mempertahankan validitas data ketika koneksi dipulihkan dan sistem terhubung ke jaringan lagi. Kita dapat berasumsi bahwa sistem komputer ini bertahan dalam kondisi di luar kendalinya.

Di sisi lain, sistem yang sama tidak dapat menyediakan akses berkelanjutan ke informasi dalam keadaan normal atau di lingkungan kerja karena kegagalan lokal, mungkin dianggap tidak memenuhi tujuannya atau tidak memenuhi tugasnya.


Sistem Komputer Yang Toleran Terhadap Kesalahan Dan Sangat Tersedia

Banyak sistem komputer dirancang dengan komponen fault-tolerant, sehingga mereka terus bekerja ketika bagian-bagian penting dari sistem gagal. Sebagai contoh, beberapa pasokan listrik, disk drive berlebihan atau array, bahkan beberapa prosesor dan motherboard yang dapat terus berfungsi bahkan jika komponen rekan mereka hancur atau gagal. Probabilitas bahwa semua komponen yang dimaksudkan untuk redundansi akan gagal pada saat yang sama bisa sangat rendah. Namun, objek berbahaya yang tahu bagaimana komponen cadangan dikonfigurasi mungkin dapat membuat kegagalan kritis ke segala arah, yang membuat komponen toleran kesalahan tidak efektif.

Ketersediaan tinggi juga memainkan peran penting dalam memastikan kelangsungan hidup sistem komputer. Namun, komponen desain ini mungkin tidak mendukung kemampuan bertahan Sistem Komputer selama peristiwa tertentu, seperti berbagai bentuk serangan berbahaya. Contohnya adalah layanan web kritis yang telah diduplikasi pada, katakanlah, beberapa komputer untuk menyediakan fungsionalitas berkelanjutan jika terjadi kegagalan satu atau lebih Server Web individu. Masalahnya adalah bahwa banyak implementasi ketersediaan tinggi menggunakan komponen dan metodologi yang sama di semua sistem individu. Jika serangan cerdas atau peristiwa jahat terjadi yang ditujukan pada serangkaian kerentanan tertentu di salah satu sistem individual, masuk akal untuk mengasumsikan bahwa sistem komputer lain yang terlibat dalam implementasi yang sangat tersedia juga tunduk pada kerentanan yang sama atau serupa. Harus ada beberapa tingkat perbedaan dalam bagaimana semua sistem berpartisipasi dalam implementasi yang sangat tersedia.


Apa Perbedaan Antara Serangan, Kegagalan, Dan Kecelakaan? 

Dalam banyak kasus, ketika saya membahas keamanan sistem dengan klien, pertanyaan tentang kelangsungan bisnis dan pemulihan bencana muncul. Sebagian besar perusahaan yang menyediakan layanan yang mereka anggap penting hanya tahu bahwa sistem harus bekerja secara stabil. Namun, sebagai suatu peraturan, ada sedikit diskusi tentang berbagai peristiwa atau skenario yang terkait dengan ini, dan ini dapat menyebabkan kekecewaan besar di masa depan ketika apa yang dianggap klien sebagai "sistem komputer yang layak" tidak memenuhi harapan mereka. Beberapa pertanyaan yang ingin saya sentuh selama percakapan ini adalah apa maksud dan tujuan sistem komputer mereka, apa sebenarnya arti operasi berkelanjutan bagi mereka dan, khususnya, apa itu serangan, kegagalan atau kecelakaan yang dapat menyebabkan hilangnya pengoperasian atau tidak terpenuhinya tugas yang diberikan. 

Kegagalan dapat didefinisikan sebagai peristiwa lokal yang mempengaruhi pengoperasian sistem dan kemampuannya untuk menyediakan layanan atau mencapai tujuan. Contohnya adalah kegagalan satu atau lebih fungsi kritis atau non-kritis yang mempengaruhi kinerja atau keseluruhan operasi sistem. Sebagai contoh, kegagalan modul kode yang menyebabkan peristiwa cascading yang mencegah modul berlebihan dari bekerja dengan benar. Atau kegagalan perangkat keras lokal yang membuat sistem komputer rusak.  

Kecelakaan biasanya merupakan peristiwa yang berada di luar kendali sistem dan administrator sistem lokal/pribadi. Contohnya adalah bencana alam seperti angin topan jika Anda tinggal di Florida Selatan seperti saya, atau banjir, atau kehilangan listrik yang meluas karena penyedia utilitas memotong saluran listrik yang salah selama peningkatan jaringan. Sekitar dua tahun yang lalu, seorang klien saya yang menyediakan layanan manajemen dokumen berbasis web tidak dapat memberikan layanan yang menghasilkan pendapatan kepada kliennya karena seorang insinyur telekomunikasi memotong saluran telepon utama enam blok dari kantor mereka. Mereka kehilangan ponsel dan layanan data mereka selama hampir seminggu. 

Dan sekarang kita beralih ke "serangan". Kita semua tahu bahwa kecelakaan akan terjadi, kita tahu bahwa semuanya rusak pada satu waktu atau yang lain, dan, sebagai suatu peraturan, kita dapat membuat asumsi tentang bagaimana ini akan terjadi. Serangan yang dilakukan oleh orang atau kelompok yang cerdas dan berpengalaman bisa sangat sulit diprediksi. Ada banyak bentuk serangan yang terkenal dan terdokumentasi. Masalahnya adalah bahwa kecerdasan dan imajinasi manusia terus-menerus meningkatkan bentuk serangan jahat dan dapat secara serius mengancam bahkan sistem komputer ulet yang paling maju sekalipun. Kecelakaan atau kegagalan tidak memungkinkan untuk berpikir di luar kotak atau untuk memahami bahwa desain yang sangat mudah diakses memiliki kelemahan, karena semua peserta menggunakan desain yang sama. Probabilitas bahwa serangan dapat terjadi dan berhasil mungkin cukup rendah, tetapi konsekuensinya dapat menghancurkan.


Kesimpulan

Salah satu alasan saya menulis artikel ini adalah untuk menggambarkan bahwa ini bukan hanya tentang pencegahan. Sementara pencegahan adalah bagian penting dari merancang sistem komputer yang layak, sistem komputer mission-critical harus dapat melakukan tugasnya bahkan ketika beroperasi di lingkungan yang tidak bersahabat atau penuh tekanan. Atau jika tindakan yang diambil untuk mencegah akhirnya terbukti tidak memadai. Mungkin tidak mungkin membayangkan semua peristiwa berbeda yang dapat memengaruhi sistem komputer mission-critical, tetapi dimungkinkan untuk mengidentifikasi kemungkinan secara wajar.

Topik sistem komputer yang layak sebenarnya terkait dengan kompleksitas dan teknologi yang terus berkembang. Dalam artikel ini, hanya beberapa aspek utama dari survivabilitas sistem komputer yang telah disinggung. Saya bermaksud untuk melanjutkan artikel ini untuk mempelajari lebih dalam topik kelangsungan hidup sistem komputer.

Anda dapat mencetak ulang atau menerbitkan artikel ini secara gratis jika menyertakan anggaran rumah tangga.  

Posting Komentar untuk "Apa Itu Sistem Komputer Yang Dapat Bertahan"