freepik.com

Tips Simpan Ikan Di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Simpan Ikan Di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

Ikan ialah bahan makanan yg paling tak sedikit dikonsumsi oleh masyarakat, faktor ini disebabkan daging ikan mempunyai harga yg cenderung terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Seperti kita ketahui, Indonesia ialah negara yg mempunyai yg akan terjadi laut yg sangat besar potensinya.

Ini yg menyebabkan harga ikan Indonesia bagi sebagian masyarakat Indonesia cenderung murah. Tapi sebab ikan ialah fauna laut, menyebabkan pengawetan ikan cenderung susah jika dibandingkan daging ayam serta daging sapi. Perlu ekstra hati-hati supaya ikan menjadi lebih awet. Jika kebetulan kamu belum tahu tentang bagaimana menyimpan ikan di kulkas dengan benar, simak ulasan berikut.

Tips Simpan Ikan Di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

1. Pilihlah ikan berkualitas terbaik

Kunci mutlak supaya ikan bersi kukuh lama ialah ketika pembelian, belilah ikan dengan nilai yg terbaik. Kamu mampu pakai ikan dengan daging yg tebal serta kulit yg segar. Atau supaya jauh lebih mudah, coba tanyakan terhadap penjual ikan yg terdapat dipanen kapan serta mempunyai jangka waktu berapa lama. Ini sangat penting supaya ikan yg nantinya akan kita konsumsi segar serta bersi kukuh lebih lama.

2. Membersihkan ikan sebelum hendak disimpan

Setelah membeli ikan dengan nilai terbaik, jangan lupa untuk membersihkan ikan terlebih dahulu sebelum akan disimpan. Bagian yg harus dibersihkan ialah jeroannya, semacam insang serta tahap perutnya. Kemudian cuci sampai bersih serta tambahkan perasan jeruk nipis supaya aroma amis ikan tak terlalu tercium. Kamu mampu mengganti jeruk nipis dengan lemon jika tak ada jeruk nipis di rumah.

3. Simpan di Wadah kedap udara

Tahap selanjutnya bersihkan ikan lalu lumuri dengan air dari perasan jeruk nipis, kemudian simpan ikan tersebut pada wadah tertutup yang kedap udara. Kamu bisa menyimpan dalam wadah plastik, kotak makan, dan toples. Lebih direkomendasikan untuk disimpan di dalam kotak makanan yg ukurannya sama dengan ikan.

Satu lagi, jika ukuran ikan besar jadi potong terlebih dahulu menjadi potongan-potongan yg lebih kecil supaya muat di kotak makanannya. Alasan mengapa butuh disimpan di suatu wadah yg kedap udara ialah untuk mencegah aroma amis dari ikan menguar, kedua untuk mencegah kemungkinan ikan bergabung dengan bahan makanan lain yg ada di dalam lemari es.

4. Simpan di Freezer

Apabila ikan telah masuk dalam wadah maka selanjutnya silahkan masukkan ke dalam freezer. Pastikan freezermu telah dalam kondisi yg bersih serta tak ada bahan makanan basi yg tetap tersisa di dalam freezer. Memperhatikan kebersihan freezer ini tak hanya untuk kesejukan ikan saja, tapi untuk kesehatanmu juga.

Jadi sistem pembusukan bahan makanan ini akan mudah terjadi jika di dalam daerah penyimpanan yg sama terdapat barang basi yg bersinggungan. Meskipun disimpan di dalam freezer, bukan berarti bakteri serta jamur tak mampu berkembang ya. Penyimpanan di freezer hanya memperlambat pembusukan, namun perkembangan bakteri serta jamur tetap bisa.

5. Jangan simpan ikan dengan makanan yg berbau menyengat

Agar tak terkontaminasi aroma makanan menyengat lainnya, jadi pisahkan ikan dengan makanan yg aroma menyengat. Aroma yang menyengat berpotensi merubah rasa ikan saat dimasak kelak. Maka dari itu, sangat penting untuk menyimpan bahan makanan di dalam wadah-wadah yg tertutup rapat serta kedap udara. Jadi coba biasakan untuk menyimpan segala sesuatunya tertutup rapat supaya tak mengkontaminasi satu sama lain.

Itulah tadi berbagai tutorial menyimpan ikan di kulkas yg benar supaya ikan lebih tahan lama. Ada satu trik lain tutorial untuk menyimpan ikan serta siap untuk dimasak ialah dengan membumbui terlebih dahulu ikan di dalam wadah tertutup sebelum disimpan di freezer. Cara ini akan membikin bumbu meresap tepat ke dalam daging ikan. Tak hanya itu saja, tantangan supaya ikan mampu bersi kukuh lama justru ada di nilai ikan yg dibeli. Untuk itu, penting sekali memastikan nilai ikan sebelum membawanya ke rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *